" ISD sebagai MKDU "
Ilmu sosial dasar (ISD) sebagai mata kuliah dasar umum (MKDU) yaitu sistem pendidikan modern cenderung mengarah pada sustu proses dehumanisasi, yaitu ditandai oleh penajaman kajian keilmuan dan spesialisasi berlebihan dalam bidang - bidang tertentu. Maka sistem pendidikan hanya cenderung memahami manusia pada satu aspek tertentu saja, sedangkan aspek - aspek lainnya diabaikan. Saat ini sistem pendidikan umum di Indonesia berangkat dari tujuan pendidikan selalu memuat nilai nilai ketuhanan dan kemanusiaan secara integritas. Untuk ditingkat perguruan tinggi disebut mata kuliah dasar umum (MKDU) yaitu sekelompk mata kuliah yang memberikan landasan ats perkembangan dunia spesialisasinya masingt - masing.
Pengertian ISD
Ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang membuka dan menerjemahkan
masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang, khususnya yang
diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian
(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan
keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social. pengetahuan yg menelaah
masalah2 sosial, khususnya masalah – masalah yg diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori – teori yg berasal dari
berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial
(seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik,
Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah)
Tujuan ISD
Dalam Ilmu sosial dasar kita juga harus memahami tujuan ISD itu untuk apa, karena tujuan itu akan memberi dampak yang baik untuk kehidupan.
Tujuan tujuan ISD adalah sebagai berikut :
1. Memahami dan menyadari adnya kenyataan kenyataan sosial dan masalah
masalah sosial yang ada dalam masyarakat
masalah sosial yang ada dalam masyarakat
2. Peka terhadap masalah masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam
usaha usaha menanggulanginya
usaha usaha menanggulanginya
3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu
bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya dan mempelajarinya secara
kritis dan indiplisiner
bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya dan mempelajarinya secara
kritis dan indiplisiner
4. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan
dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan
masalah sosial yg timbul dalam masyarakat
dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan
masalah sosial yg timbul dalam masyarakat
Pengertian IPS
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah suatu bahan kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan. Ilmu sosial ataupun integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial seperti : sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, dan antropologi yang mempelajari masalah-masalah sosial.
Ilmu pengetahuan sosial akan
mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang
terjadi dimasyarakat, memilki sikap mental positif terhadap perbaikan segala
ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi
sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.
Adapun tujuan tujuan IPS adalah sebagai berikut :
1. Memberikan kepada Siswa pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam
kehidupan bermasyarakat pada masa lalu, sekarang dan masa akan datang.
kehidupan bermasyarakat pada masa lalu, sekarang dan masa akan datang.
2. Menolong siswa untuk mengembangkan keterampilan (skill) untuk mencari
dan mengolah informasi
dan mengolah informasi
3. Menolong siswa untuk mengembangkan nilai / sikap demokrasi dalam
kehidupan bermasyarakat
kehidupan bermasyarakat
4. Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk mengambil bagian / berperan
serta dalam bermasyarakat.
serta dalam bermasyarakat.
Ilmu pengetahuan sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial semua pelajaran itu diberikan kepada masyarakat yang belum mengetahui informasi informasi atau ciri ciri yang membuat pelajaran itu memiliki ciri khas tersendiri atau perbedaan perbedaan tersendiri. ISD diarahkan untuk pembentukan sikap sehingga masyarakat dapat meningkatkan sikap sikap mereka yg kurang baik, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan baik dalam berkreatifitas maupun bersosialisasi.
Persamaan ISD dan IPS
Persamaan ISD dan IPS
Ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial dari kedua pelajaran tersebut dapat disimpulkan memiliki persamaan yaitu ilmu yang berdiri sendiri artinya ilmu yg timbul dari masyarakat luas yang diterapkan dalam kehidupan sehari hari dan mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Ruang lingkup ISD
a. Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama
merupakan masalah social tertentu. Kenyataan-kenyataan
social tersebut
sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya
perbedaan latar belakang ilmu atau sudut pandangnya
sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya
perbedaan latar belakang ilmu atau sudut pandangnya
b. Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang
kenyataan-kenyataan
social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn
untuk mempelajari masalah-masalah social.
social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn
untuk mempelajari masalah-masalah social.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedia konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:
1. Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara
individual maupu kelompok.
2. Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan. Masalah masalah sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social antara satu dan dengan lainnya saling berkaitan.
Soal soal pilihan ganda ISD dan IPS
1. ISD adalah singkatan dari...
A. Ilmu Single Dasar
B. Ilmu Sosial Dalam
C. Ilmu Sosial Dasar
D. Ilmu Satuan Dasar
Jawaban yang benar adalah C. Ilmu Sosial Dasar
2. Salah satu persamaan dari ISD dan IPS adalah...
A. Didasarkan oleh pasal 1 ayat 2
B. Dipelajari dalam waktu SD sampai SMA
C. Diciptakan dalam waktu yang sama
D. Ilmu yang berdiri sendiri
Jawaban yang benar adalah D. Ilmu yang berdiri sendiri
3. Salah satu tujuan dari ISD adalah...
A. Peka terhadap masalah masalah sosial
B. Dapat berbaur dengan masyarakat lainnya
C. Menjaga nama baik bangsa dan negara
D. Selalu terbuka dalam suatu masalah
Jawaban yang benar adalah A. Peka terhadap masalah masalah sosial
4. Ilmu pengetahuan sosial mencakup berbagai bidang ilmu kecuali..
A. Sejarah
B. Sosiologi
C. Geografi
D. Kesenian
Jawaban yang benar adalah D. Kesenian
5. Salah satu tujuan dari IPS kecuali...
A. Membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan
B. Membantu siswa dalam mengembangkan diri
C. Ikut berperan serta dalam masyarakat
D. Menyelenggarakan kebudayaan barat
Jawaban yang benar adalah D. Menyelenggarakan kebudayaan barat
Sumber Referensi
http://gitadwisetiawati.blogspot.com/2010/09/ilmu-sosial-dasar-isd-sebagai-komponen.html
http://wisnuardiansyah.wordpress.com/2010/10/03/pengertian-isd-ilmu-sosial-dasar/
0 komentar:
Posting Komentar